fbpx
Pasang iklan

Jusuf Kalla : Peran Dagang China – Amerika Berdampak Baik Bagi Indonesia

(Gema – Makassar) Perang dagang Amerika-China sedikit banyak, berdampak positif bagi Indonesia. Hal ini disebabkan oleh pergeseran produksi ke negara-negara lain di kawasan Indonesia.

“Perang dagang yang sedang berlangsung cukup baik,” jelas Wakil Presiden Republik Indonesia yang juga seorang pelaku bisnis, Jusuf Kalla di Jakarta, Selasa (8/1/2019)

Komentar Saudagar asal Bugis ini berbeda dengan beberapa penjabat Indonesia lainya yang telah mengingatkan bahwa efek negatif dari perang dagang Amerika dengan China bisa berdampak ke Indonesia, khususnya untuk penjualan produk-produk murah, seperti baja ke Pasar Terdekat.

Asia Tengara sebagai wilayah yang dipandang dapat mendapatkan manfaat dalam perang dagang yang terjadi antara Amerika dan China terutama negara dengan biaya produksi rendah seperti Vietnam. Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki pembatasan investasi asing dan infrastruktur yang buru bisa jadi kurang menarik bagi pasar bisnis.

Sementara defisit perdagangan Indonesia naik ke level tertinggi selama lima tahun ini sebesar 2,2 Miliar Dollar Amerika pada bulan November karena proses Impor lebih besar dari Ekspor.

Kendati demikian, belakangan ini ada tanda-tanda dimana Amerika Serikat dan China akan menandatangani kesepakatan dagang yang akan menjadi simbol berakhirnya perang dagang antara dua negara adi kuasa ini.

Salah satu kesepakatan yang mungkin muncul adalah penghentian pemberlakuan tarif progressive impor diantara kedua negara ini yang sampai saat ini bernilai 360 $ Amerika Serikat.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)