fbpx
Pasang iklan

Kota Pare-pare Dikepung Banjir, Rumah Warga Hingga Fasilitas Umum Terendam Air

Gema.id  Sulsel, Pare-pare – Intensitas hujan yang tinggi selama beberapa jam, Sabtu (11/1/2020) kemarin, di kota Pare-pare, Sulawesi Selatan (Sulsel) membuat sejumlah daerah terendam banjir. Hal ini membuat sejumlah warga terpaksa mengungsi.

“Air sudah naik, sampai sekarang sudah setinggi dada, kami perkirakan akan masih naik jika hujan terus terjadi,” kata Fandi salah seorang warga, Kelurahan Wattang Bacukki, Kecamatan Bacukki Barat Kota Pare-pare saat dihubungi.

Akibatnya sebagian warga yang tinggal di bantaran sungai memilih untuk mengungsi dan menyelamatkan barang-barang mereka.

“Kita cari aman saja, daripada nanti terjadi hal-hal yang tidak kami inginkan,” sambungnya.

Hingga saat sejumlah titik terjadi banjir akibat hujan yang terus terjadi sejak kemarin. Hal ini semakin diperparah dengan air laut yang pasang sehingga membuat volume air di pemukiman semakin tinggi.

“Jadi air dari sungai yang bermuara di laut tertahan sehingga sungainya meluap,” kata Sekretaris Kota Iwan Asaad, pada keterangan pers yang diterima, Minggu (12/1/2020).

Pemerintah Kota Pare-pare terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk mengantisipasi hal yang bisa saja terjadi dalam beberapa waktu dekat ini dengan memetakan dan bergerak langsung ke lokasi banjir.

Dari laporan yang diterima selain rumah warga selain rumah warga, air juga sempat menggenangi kamar perawatan di RSUD Andi Makassau, hal ini membuat sejumlah pasien terpaksa dievakuasi.

Baca Juga : Hujan Lebat dan Angin Kencang Bakal Terjadi di Sulsel, BMKG Wilayah IV Berikan Warning

Sebelumnya BMKG Wilayah IV Makassar memperkirakan beberapa wilayah di Sulawesi Selatan terjadi hujan dan angin kencang dari tanggal 9-12 Januari 2020, kota Pare-pare termasuk di antaranya.

Beri tanggapan