fbpx
Pasang iklan

Mengintip Kegiatan Musrenbang RKPD Kecamatan di Kabupaten Bone

(Gema – Bone) Memasuki bulan Februari 2019 pemerintah Kabupaten Bone akan menggelar serentak Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di seluruh kecamatan di Kabupaten  Bone.

Rencananya kegiatan ini akan digelar dari tangga 11-19 Februari 2019 yang diikuti unsur Organisasi Perangkat Deerah (OPD) lingkup pemerintah daerah Kabupaten Bone. Hal ini dilaksanankan untuk membahas perencanaan pembangunan di kabupaten tersebut untuk tahun 2020.

Pelaksanaan Musrenbang RKPD di kecamatan dibagi atas 5 tim meliputi 27 kecamatan yang ada di Kabupaten Bone.

Dilansir dari  bone.go.id Musrenbang RKPD di kecamatan tersebut bertujuan. Pertama, membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan untuk perencanaan tahun 2020 nanti.

Kedua, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa.

Ketiga, menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi OPD yang diklasifikasikan berdasarkan urusan.

Musrenbang RKPD ini dimulai dari persiapan penyusunan RKPD yang kemudian dihasilkan output berupa Rancangan Awal RKPD. Rancangan Awal RKPD ini diverifikasi hingga menjadi Rancangan RKPD.

Selanjutnya, Rancangan RKPD inilah yang dibahas di Musrenbang RKPD yang kemudian jadi Rancangan Akhir yang digunakan untuk penyusunan KUA (Kebijakan Umum APBD) dan PPAS (Plafon Prioritas Anggaran Sementara).

Untuk lebih jelas mengenai tahapan tersebut bisa lihat bagan di bawah ini.

sumber : bone.go.id
Kategori Ragam

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)