fbpx
Pasang iklan

Pasca Penggeledahan, Belum Ada Penetapan Tersangka dalam Kasus Korupsi PAUD Bone

Sulsel Gema.id, Bone – Rabu, 18 September 2019 lalu, petugas kepolisian dari Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Sulsel bersama tim gabungan Polres Bone melakukan penggeledahan di Rumah Jabatan Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle terkait kasus korupsi anggaran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang diduga istri Wakil Bupati Bone tersebut ikut terseret dalam kasus yang telah bergulir sejak bulan Juni lalu.

“Satuan Tipikor Polda Sulsel melakukan bantuan koordinasi ke Polres Bone yang sedang menangani kasus dugaan korupsi PAUD dalam penggeledahan dan ikut disitu dokumen-dokumen terkait kasus ini,” kata Kabida Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani, saat dimintai komfirmasi, Rabu (18/9/2019) lalu.

Diketahui Erniati, Istri Wakil Bupati saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kabupaten Bone. Satun Tipikor Polda Sulsel tidak hanya melakukan penggeledahan di Rumah Jabatan Wakil Bupati Bone di Jalan Merdeka, dilansir dari Harian Radar Bone (edisi, Kamis 19 September 2019) ada beberapa lokasi yang ditelusuri pihak kepolisian di hari yang sama di antaranya:

  • Rumah Pengawas TK sekaligus penyedia buku, Masdar di Jalan Urip.
  • Kantor PAUD dan Dikmas Disdiki Bone, Jalan Budi Utomo.
  • Kediaman Kasi PAUD, Sulastri di Jalan Salak.
  • Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, Jalan Wahidin Sudirohusodo.
  • Kediaman Ikhsan (Staf Bidang PAUD).
  • Kediaman Pribadi Kabid PAUD, Erniati.
  • Kediaman Mustamin (Staf Bidang PAUD)
  • Kantor BPKAD.

Dalam penggeledahan pihak kepolisian mengamankan beberapa dokumne penting untuk lebih mendalami kasus yang merugikan negara senilai Rp 4,5 milliar. Beberapa di antaranya yaitu dokumen dari kediaman Erniati, Sulastri dan Masdar terkait pengadaan buku PAUD. Selain itu rekening juga disita kepolisian berisi Rp200 juta dari rumah Masdar,pengawai TK yang juga sekaligus penyedia buku.

“Ada beberapa barang bukti kami amankan termasuk uang tunai di rumah salah satu seorang terperiksa, Masdar” ujar pihak Polres Bone pada keterangan pers yang diterima Gema.id.

Sementara pemeriksaan yang dilakukan di Kantor PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabuepaten Bone, banyak dokumen penting yang disita,  sebanyak lima kotak berkas diamankan dalam pemeriksaan  yang dilakukan  menyeluruh di semua ruangan yang ada.

Sejauh ini, usai pasca penggeledahan belum ada ‘status tersangka’  yang diberikan pada pihak-pihak terkait dalang kerugian negara ini.

Baca Juga:  Korupsi PAUD Bone: Menanti Ketuk Palu Dalang Kerugian Negara!

“Masih penyidikan kami belum menatapkan tersangka,” tegas pihak Kepolisian Polda Sulsel.

Hal ini kemudian dikonfirmasi pula oleh Kapolres Bone, Kadarislam Kasim yang menurutnya beberapa dokumen yang disita akan ditindaklanjuti.

“ Untuk rinciannya [dokumen hasil sitaan] ada di Polda karena itu barang bukti langsung dibawa ke Polda” jelas Kadarislam Kasim.

Ia pula menambahkan pasca penggeledahan penetapan tersangkan tidak lama lagi akan diumumkan ke publik, korupsi PAUD yang telah lama mengambang.

“Mudah-mudahan pekan depan sudah bisa digelar perkara penentuan tersangka,” terangnya.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)