fbpx
Pasang iklan

Prof Nurdin: Sekprov Sulsel Harus Bisa Melayani Dengan Baik

(Gema – Sulsel) Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah menginginkan seleksi terbuka untuk jabatan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) segera dilakukan.

Nurdin menginginkan posisi Sekprov segera diisi oleh penjabat definitif. Menurutnya, jika jabatan tersebut masih berstatus penjabat tugas dan penanggung jawabnya seorang Pj, maka wewenangnya masih sangat terbatas.  Berbeda jika jabatan tersebut sifatnya definitif.

“Kalau kita sih ingin secepatnya penjabat definitif. Karena kalau masih plt, agak sulit juga kita. Kalau saya sih ingin secepatnya seleksi,” ucap Prof Nurdin saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel, pada Kamis (13/09/2018) kemarin.

Lebih lanjut, Nurdin menjelaskan bahwa untuk melaksanakan seleksi jabatan Sekprov lebih cepat, mesti melalui izin yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Langkah serta izin tersebut dilakukan Prof Nurdin, sebab dirinya baru saja dilantik sebagai gubernur. Sehingga segala hal yang ingin diputuskan secara cepat menyangkut pemerintahan, semuanya mesti dikomunikasikan dengan pemerintah pusat.

Saat ditanya tentang figur yang pantas menduduki jabatan tersebut, Nurdin tak mau menyebut nama. Ia hanya berharap, jabatan strategis itu nantinya diisi oleh mereka yang bisa melayani gubernur dan wakil gubernur dengan baik.

“Tapi nanti kita lihatlah. Bagi saya ini siapa pun Sekdanya saya bisa terlayani dengan baik. Tidak usah dipertentangkan siapa nanti. Pokoknya kalau tida baik kita ganti,” tutur mantan Bupati Bantaeng itu.

Terkait seleksi Sekprov tersebut,sebelumnya Soni Sumarsono selaku Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri memaparkan bahwa baiknya diusulkan tambahan masa jabatan terlebih dahulu untuk Pj Sekprov Sulsel saat ini.

Jika hal ini dilakukan, maka proses seleksi hingga terpilih Sekprov definitif bisa dipersiapkan dengan baik. Namun hal ini tergantung pertimbangan dan keputusan Gubernur Sulsel, serta persetujuan dari Mendagri.

“Apakah Tautoto diperpanjang lagi? Boleh, 3 bulan lagi tuk menyiapkan lelang. Atau mengajukan Pj yang lain. Kalau mengajukan Pj yang lain, memang harus persetujuan Mendagri kembali terkait usulan Pj Sekda,” ujar Soni.

Soni menambahkan, kalau pun seleksi atau lelang jabatan Sekprov mau dipercepat, maka harus seisin Mendagri. Jika disetujui, maka dibentuklah panitia seleksi. Panitia seleksi tersebut, terdiri dari pejabat eselon I Kemendagri, Menpan-RB, dan BKN. Di tambah professor arau guru besar dari perguruan tinggi yang ada di Makassar.

“Kalau lelang, langkahnya harus minta izin ke kemendagri bahwa akan mengadakan seleksi Sekda. Kemendagri melaui dDirjen Otda akan menyetujui atau tidak,” jelas Soni.

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa jabatan Sekprov Sulsel saat ini masih diisi oleh Tautoto Tanaranggina sebagai penjabat, namun sifatnya masih sementara. Masa jabatan Pj Sekprov Sulsel pun akan berakhir pada 9 Oktober 2018 mendatang. 

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)