fbpx
Pasang iklan

Tak Miliki Izin, Tambang di Pakkasalo Bone Ditutup Polisi

(Gema – Bone) Tambang galian C yang ada di Desa Pakkasalo, Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Sulsel terpaksa ditutup sementara oleh pihak kepolisian setempat, pada Jumat (11/01/2019) kemarin.

Sejak beroperasi, tambang tersebut diketahui tak mengantongi izin dari Dinas ataupun dari pemerintah Desa. Atas dasar itulah, sehingga polisi bertindak dan menghentikan aktivitas yang ada di tempat tersebut.

Penutupan tambang di Pakkasalo tersebut sendiri dipimpin oleh Kapolsek Dua Boccoe, Iptu Herman Raba, Kanit SPKT Aipda A Akbar, serta Kanit Intel Bripka Makkulau.

Berdasarkan tinjauan dari lokasi, beberapa dampak dengan adanya tambang ilegal tersebut, yakni terjadinya abrasi di sepanjang Sungai Walanae. Bahkan beberapa bagian jalan di Desa Pakkasalo, menjadi amblas atau rusak.

Dalam keterangannya, Iptu Herman mengatakan bahwa seluruh aktivitas tambang pasir di lokasi tersebut telah dihentikan.

“Kalau dilihat, penambangan pasir di sini tambang sudah memakai kapal,” ucapnya.

Dengan adanya penutupan ini, polisi juga mengimbau kepada seluruh penambang untuk mengurus lebih dahulu surat izin dari pihak yang berwenang, dinas, atau dari pemerintah kecamatan.

“Tambang ini akan tutup dulu, dan kami persilahkan mereka untuk mengurus izin pertambangan di lokasi ini,” paparnya.

Selain menutup lokasi penambangan, polisi juga memberikan peringatan kepada tiga penambang yang merupakan warga Pakkasalo. Yakni Tambolo (65 tahun), H Patang (55  tahun), serta Jafar (45 tahun).

Sementara itu, Kapolres Bone AKBP Muhammad Kadarislam dalam keterangannya mengatakan, bahwa petugas akan berupaya menertibkan seluruh aktivitas tambang galian C yang ada di Bone yang tidak mengantongi izin dari pemerintah.

“Kami sudah melakukan persuasif, tapi jika tidak dihiraukan, maka kami akan mengambil tindakan hukum,” jelasnya.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)